Saturday, March 23, 2013

Jangan malas, Linda!!

Hi, everyone :-* Saya akan menulis tentang pelajaran yang akhir-akhir ini saya dapatkan dari studi kasus yang dikasih sama Tuhan, hoho. Jadi ini bukan tentang akademik atau sejenisnya, tapi ini bisa berpengaruh untuk keberlangsungan perkembangan mereka (keribetan lin bahasanya -_-). Yuk langsung mulai aja, check it out :3

Jadi gini, saya di semester 4 ini dapat kelas yang bisa di bilang strict juga nggak strict sebenernya. Justru sebenernya di kelas itu kita disuruh have fun aja gitu, tapi tuntutan baliknya adalah kita harus tetep disiplin dan serius dalam mikirin segala sesuatunya. Disiplinnya itu selain waktu, juga menyangkut ketertiban sama aturan yang ada. Jadi segala sesuatunya itu pasti nggak sekonyong-konyong jadi dan selesai kan, pasti butuh proses segala macem, belum lagi hambatan-hambatan yang terduga apalagi nggak terduga itu kita harus kasih estimasi waktu buat hambatan sendiri harunya. Soalnya ya gimana lagi dong, kita hidup sebagai makhluk sosial yang berdampingan. Apalagi nanti kita kerja pasti ada klien yang dilayanin kan apapun pekerjaannya, dan pasti klien itu orang yang punya hak prerogatif atas apa yang dia mau dari kita. Dia suka ya diambil, kalau nggak ya kerjaan kita sia-sia ga dapet duit deh.

Terus artinya si have fun tadi apaan dong kalo kejar tayang ga nyantai gitu?? Jadi menurut saya sih kenapa harus have fun, karena gimana kita bisa kerja gitu kalau kita sendiri ga suka sama kerjaan kita, ga fun disitu. Bawaannya pasti bete mulu jadi hasil kerjanya itu yaudah seadanya aja cuman buat memenuhi target doang tapi ga ada yang spesial disitu. Lah kalau kerjanya kaya gitu mulu ya klien mana mau balik lah ntar, haha. Kaya quotes-nya Steve Jobs lah ya, "Your work is going to fill a large part of your life, and the only way to be truly satisfied is to do what you believe is great work. And the only way to do great work is to love what you do". Nyanya banget nih mendiang kakek Steve Jobs mantep banget :')


Lalu selain disiplin dan have fun disini kita benar-benar diajarin yang namanya kerja keras, cepat, tapi cerdas. Jadi nggak melulu harus kerjaan banyak tapi cuma dapet iba dari orang lain kaya "wah kamu kerjanya berat banget ya, yang sabar yaa.." nggak seperti itu. Jadi sebanyak apapun kerjaan kita kalau kita kerjanya cepat dan cerdas itu pasti bisa selesai tepat waktu banget kerjaannya ;)
Ada juga contoh kasus yang termasuk kerja cerdas yang rada krusial, yaitu hemat!!! Sepertinya di dunia ini itu pekerjaan apapun nggak ada yang gratis, semua butuh biaya. Tapi duit kita di dunia kita ini pasti limited dan kita juga masih punya kebutuhan yang lain-lainnya juga kali. Jadi menurut dosen saya kemarin biar kita bisa hemat, kita harus memikirkan konsep yang kita usung dengan matang sekali. Nah dari situ pasti kita bakal bisa estimasi sendiri butuhnya apa aja, seberapa banyak. Jadi ga bakalan yang ga dibutuhin itu kebeli. Kalau yang nggak dibutuhin itu ternyata kebeli juga ya, kita udah kehabisan duit buat belinya, habis waktu sama tenaga pula buat nyarinya. Jadi gitu, konsep mateng, estimasi, fix, berangkat!! ;)
Yang dimaksud dengan cepat disini itu maksudnya juga cekatan ya. Jadi kita sebisa mungkin ga menunda pekerjaan. Selama apapun waktu pengerjaan yang dikasih, jangan pernah ngerjain itu mepet-mepet. Jadi kita harus tetep ngerjain itu sesegera mungkin setelah kita terima tugas tersebut. Aduh tapi males? Jangan males!! Kita ngerjainnya itu harus full into it, supaya mind dan intuisi kita bisa kerja maksimal, jadi ide yang keluar juga bakal sinting-sinting gila keren abis gitu dah!!

Ada lagi quotes dari kelas ini, jangan banyak ngeluh. Seperti yang quotes-nya Kang Gary Running Man / LeeSsang, "Your hardworks will never betray you". Jadi kalau saya nangkepnya sih menurut si oppa ini adalah kita harus kerja keras di setiap pekerjaan kapanpun, dimanapun dan sama siapapun itu. Kita harus selalu ngasih yang maksimal untuk setiap aksi kita, toh nanti suatu saat pasti kerjaan itu tuh pasti ada balasan setimpalnya. Kita nggak kerja keras ya balasannya dikit, kalau kerja keras ya kita dapet grand prize :3 Jadi untuk menjalaninnya ya dengan sepenuh hati dan yakin bahwa semuanya itu nggak bakalan sia-sia ,coy jadi ga usah banyak ngeluh. Jalanin aja ;)

Selain management intrapersonalnya yang banyak banget tadi di atas, kita juga masih butuh yang lain-lain lagi. Saya sih cuma share yang saya dapet aja, tapi diluar sana pasti anda dapat pelajaran yang lebih-lebih juga pasti :)



Selainnya itu ada performance and appearance. Kata bapak saya, orang bakal mau ngerekrut kamu dan memercayakan perkejaan penting sekalipun kepada kita kalau kita selalu terlihat siap. Bukan posisi siap grak seperti di paskibra ya, kaku dong jadinya, males juga kali orang liatnya. Tapi body language kita tuh harus selalu kaya ngasih kode kita bahwa kita orang yang siap tempur, kita orang tangguh, apapun bisa kita tangani sampai beres semuanya. Terus kalau saya belajar dari cara temen saya ngeladenin klien-kliennya, dia selalu terlihat antusias sekali, tegas tapi tetep friendly. Dia bener-bener berusaha ngerti banget apa yang dimauin sama klien dia, jadi dia bisa berusaha untuk kerja sesesuai mungkin sama apa yang dimauin sama klien jadi ya kalau ada yang kurang pasti cuma dikit-dikit aja ga bakal ngerubah keseluruhan. Kesel juga kali klien kalo kita ga paham-paham apa yang mereka mau, bisa ditinggal kita ga jadi dapet duit. Jadi ngaruhnya ke interpersonal juga, cuy.

Kalau di teamwork juga ada nih pelajarannya :p Dosen saya waktu itu pernah bilang, teamwork ga bakalan pernah jalan kalau ga ada team leader-nya. Team leader ga harus yang divote dulu atau apaan secara resmi. Kalau tim melempem ya gimana dong, mau ga mau kita harus ambil kendali disitu. Tapi jangan mentang-mentang pada melempem trus kita ambil kendali trus berhak nyuruh-nyuruh dan ngebentakin anggota lain, nggak gitu juga kali. Kita di satu tim itu posisinya sama-sama penting satu sama lain. Kita butuh mereka juga buat kerja sama (ya iya lah namanya juga teamwork gitu). Jadi walaupun kita merasa kita bisa ambil kendali disitu, kita juga tetep harus respect ke anggota yang lain. Bagi tugasnya yang rata, pas pembagian tugasnya kita harus tegas, tapi bukan marah-marah dan sok ngatur. Pasti nanti disegani deh sama anggota yang lain, jadi pada mau kerja semua deh :3 Jadi intinya ini sebenarnya adalah membangkitkan rasa kepemimpinan di dalam diri masing-masing anggota kelompok. Jadi saat semua sadar dan mindnya full into it, saling koreksi, tim juga bakal kerja bagus dan hasilnya spektakuleer :3


Sebenarnya mau saya sudahi sampai yang teamwork itu saja, tapi berhubung saya nulisnya subuh-subuh jadi keinget habit mama yang bisa saya pelajari. Bangunlah ketika masih gelap (subuh) dan mulailah aktifitas anda disitu.

Istilah "kalau bangun kesiangan, nanti rejekinya patok ayam" itu bukan main-main loh ternyata. Kalau anda suka bangun siang-siang dan tiba-tiba bangun subuh dan mulai aktifitas dari situ, anda bakalan merasa banget kalau hari-hari anda itu bakal lebih ringan dan membahagiakan daripada biasanya.Ini kagak puitis ya, tapi emang bener-bener bakal bahagiaaa banget rasanya, semua bakal terasa enteeeeng banget kaya ga ada beban di hidup ini, kita bisa senyum sepanjang hari dan jadi ramah bangeet :'3 Kalau anda bingung mau ngapain aja subuh itu, anda bisa memulainya dari menata tempat tidur, menyapu kamar, nanti secara alami anda akan tiba-tiba mencuci piring, masak nasi, cuci baju, MANDI, nyiapin sarapan pake teh anget lagi. Buat yang muslim hal-hal tersebut bisa dimulai sambil nunggu adzan subuh juga loh, ntar habis sholat subuh pasti refleks ambil Qur'an terus ngaji deh. Wuuuh sempurnah bangeet. Tapi beneran deh ini ga bakal berat kok soalnya itu kaya bakal otomatis merembet sendiri gitu kita nyelesaiin kerjaan-kerjaan rumah itu. Dari ngerjain pekerjaan-pekerjaan itu tuh kita bakal dapet feel untuk ngerjain tugas kampus, kantor, sekolah atau apapun deh. Dijamin jadi mendadak rajin dan perfeksionis, haha.

Udah dulu deh sharingnya ya temen-temen. Udah siangan nih saya masih harus ngerjain yang lain (contoh orang yang mendadak rajin, haha). Mohon maaf kalau ada yang kurang bekenan mohon dimaafkan ya, love you all :-*

No comments:

Post a Comment