Sunday, September 14, 2014

Perjalanan dari Jakarta sampai Swedia. Flyg!

Hej! God morgon!
Have you been sleeping well? :)
Välkommen tillbaka..

Kali ini saya akan melanjutkan review tentang tahap perjalanannya. Perjalanan dari Jakarta ke Swedia. Kali ini rute yang akan kami tempuh adalah Jakarta-Singapore-Copenhagen, Denmark-Almhult, Sweden. Kenapa ke Copenhagen? Kenapa tidak ke Stockholm saja? Itu karena destinasi kami adalah Almhult yang secara geografis lebih dekat jika kita berada di Copenhagen daripada Stockholm. Okaaay, let's go..

I. Soekarno Hatta International Airport, Jakarta to Changi International Airport, Singapore (transit)

[Sat, 23 Aug 2014]
Dari Jakarta waktu itu kami berkumpul sekitar pukul 15.00 walaupun flight pukul 17.45. Untuk 
keberangkatan internasional akan diadakan di terminal 2 dan terminal 3 bandara Soekarno Hatta. Naik maskapai apa? Singapore Airlines (SQ). Menurut info teman saya walaupun economy class tetep aja enaknyaaa, luar biasaaa :3 Tapi ternyata emang beneeeer hahahaha. Dari Jakarta ke Singapore kita palingan cuman dua setengah jam kira-kira. Saya kira bakal cuma dikasih snack, eh ternyata dikasih makanan berat, huehehe. I love food :9 Waktu itu ditawarin dua macam makanan. "Fish or chicken?", kata mba e si pramugari. Karena saya pikir udah sering makan chicken di kosan yawes saya minta yang fish. Dan akhirnyaaaa, jengjengjengjeeeeen~~ Ulalaaaaa~~ 

Image saya ambil dari http://mikespassport.com untuk memberikan gambaran ya. Tapi aslinya juga mirip gini cuma saya matiin hp waktu itu jadi ga ambil gambar apapun *hahahabego

Wuwuwuu~
Duh kangen bageeeett. Rasa lumer-lumer salmonnya itu masih berasa banget nih di lidah. Oh my God!! Gitu deh hahaha.. Ini selera sih, tapi kalo saya SUKA BANGET PARAH!!! :9 :9
Okay fokus lagi ya :p Jadi secara hidangan menurut saya recommended sih ini grilled salmonnya :3 Lalu bahas apa lagi ya? Setelah itu udah sih waktu perjalanan Jakarta-Singapore beres makan mah saya tidur, hehehehe. Eh ada satu yang saya kurang suka dari SQ ini waktu itu. Pramugarinya pada rada jutek, huft. Tapi ada satu mbak pramugari yang tetap memegang teguh bagaimana pramugari itu seharusnya untuk tetap ramah dan selalu tersenyum kepada setiap penumpang.

Lalu, lalu, lalu, kamu ngapain lagi, Lin?
Lalu ya sudah sampaaaai!! Hey guys it's Singapore!!! hahaha maap norak ya, biarin deh. Akhirnya saya ngeliat Singapore biarpun dikit doang. Welcome to Changi :) 

Huehehe kali ini mah asli hasil dokumentasi saya.

Waktu transit kami kemarin nggak panjang, cuma 3 jam doang. Satu setengah jam terakhir sudah harus check-in. Jadi free time disana cuma sekitar 45 menit apa waktu itu ya. Waktu itu saya ngapain? Sholat doaaaang.. hahaha. Fyi, Bandara Changi adalah salah satu bandara paling asik yang full fasilitasnya. Karena memang dia adalah gate di Asia untuk menuju ke internasional. Jadi disana teh pasti ada aja orang-orang yang transitnya sampe 12-16 jam gitu udah biasa. Makannya banyak banget fasilitas buat kita menghabiskan waktu disana selama transit. Sebelum berangkat kemarin saya menemukan website orang tentang Changi yang lumayan lengkap nih. Mulai dari pijetan kaki gratis, nonton film gratis sampai taman buatan indoor yang asik juga. Bahkan kata orang-orang kalo jalan-jalan di Changi bakal lebih puas dan butuh waktu lebih lama daripada anda pergi ke Universal Studionya, wkwk. Lebaay! Nih linknya, sok mangga' atuh mampir sakedap ;)
http://catperku.info/10-cara-asik-menghabiskan-waktu-transit-di-bandara-changi-singapore/
Waktu itu setibanya dari Jakarta kita berada di Terminal2 Changi. Sedangkan boarding pass selanjutnya menunjukkan kami harus berada di Terminal3. Gimana dong? Tenang, disana ada skytrain. Berikut visualnya 

Changi Airport Skytrain(image disadur dari en.wikipedia.org)

Skytrain ini memang difungsikan untuk pindah terminal ke terminal lainnya. Kalau di Soekarno Hatta kita punya bus kuning itu lah, ya fungsinya sama seperti itu. Berkat skytrain ini Alhamdulillah saya bisa lihat lingkungan Singapore di luar gedung, hehehe. Yang saya suka, walaupun dia lebar jalannya pun kecil tapi semua sign/rambu disana itu terpampang dengan jelas. Dan bersihnya teh emang bersiiiih pisan. Satu daon di pinggir jalan pun ga ada loh guys. Yaaaak dan sampailah kami di Terminal3.

Pingin check-in status di sosmed tapi ga pingin kena data roaming?? Tenaaaang. Di Changi ada free wifi super cepat yang bisa anda dapatkan dengan mudah. Tinggal aktifkan wireless di device anda, connect ke wifi Changi Airport. Setelah itu anda akan didirect ke page untuk mendapatkan passwordnya. Setelah mendapatkan password udah deeeh. Start surfing! ;)

Waktu itu disini ada kejadian lucu agak aneh gitu tapi bisa dijadiin pelajaran lah ya. Jadi waktu free time teh salah satu diantara kami ada yang duduk-duduk dekat coffee shop gitu. Trus tiba-tiba ada mas-mas masih muda 22 tahunan lah bilang gini, "Permisi bisakah saya menitipkan handphone saya sebentar untuk di re-charge disini? Saya ingin ke bookshop situ sebentar." (pake bahasa inggris) Tanpa ragu atau curiga, main pergi wae tuh bocah ke bookshop. Yang saya maksudkan kok ga takut ditilep dah hp nya. Untung kami orang baik-baik, haha. Trus di bookshop tersebut ternyata mas itu masih santai banget liat-liat bukunya satu-satu kaya di gramed gitu deh. Kirain kan dia udah ada yang mau dibeli trus tinggal ambil karena ninggal hp kan. Astaga mas. Akhirnya balik tuh masnya. Trus dia bilang "oke mbak makasih ya" (asli pake bahasa Indonesia). Yaelah bro ternyata anak Indonesia juga lah. Beres ngomong gitu teh dia langsung pergi weh. Kirain dia bakal baca bukunya disitu sambil nunggu batrenya ngisi. Udah hp dititipin ke orang ga dikenal, trus kenyataannya itu batre juga belum naik kali. Tau gitu bawa aja deh mas hp nya tadi, ckck. Maaas mas..

Tapi sih emang katanya kalo di Singapore mah aman pisan. Orang ga akan bingung nyolong. Temen aku pernah jalan santai gitu di Singapore pas liburan. Eh kebuka tuh ranselnya sepanjang jalan. Tapi tetep weh ga ada yang ilang ceunah. (ceunah=katanya, maapin atuh sok sundak!) Kejahatan kaya gitu penjambretan katanya justru lebih rawan untuk lansia gitu, karena mereka pikir kalo anak muda pasti ada perlawanan dan kalo lansia susah melawan udahan. Gitu deh seputar Singapore :)

Time to fly~


II. Changi, Singapore to Copenhagen, Denmark

Kira-kira pukul sebelas malam kami terbang ke Copenhagen, Denmark (Københavns Lufthavn, Kastrup). Kayanya sih termasuk long haul karena sekitar 12,5 jam kami terbang. Armadanya masih sama pakai SQ dan ternyata mbak-mbaknya pun masih sama. Yaudah deh gausah dipikirin soal mba e yang rada jutek teuing. Jadi di pesawat 12 jam ngapain aja, Lin? Makan, tidur, makan, tidur, makan, tidur sampai nyampe :P Sebenernya bisa sih waktunya kita manfaatkan untuk menonton film di fasilitas yang sudah disediakan. Tapi saat itu saya sangat lelah karena memang satu minggu ini hidup saya diperjalanan mulu bolak balik jkt-bdg untuk persiapan keberangkatan ini. Makanannya masih sama sih, dan saya masih suka dengan si grilled salmon ituuu hahahaha.. Ada tambahan Inflight snack waktu itu. Tapi karena saya waktu itu tidur dan dibangunin untuk ditawari snack saya memilih untuk menolak snacknya. Oh nooo, padahal ada Toblerooone. Mayan harusnya bisa disimpen kek kalo ga mau dimakan saat itu juga. 

Oh iya kalau di SQ ini kita akan diberi hot towel (handuk panas). Karena sangat tidak pernah saya temui dan saya rasa layak untuk dipertanyakan yaudah saya tanya ini buat apa? Tapi temen rombongan saya jawabnya cuma 'biar kamu stetril'. Ckckck cedih sih dibilang gitu, kaya aku bawa kuman aja :p tapi yaudah ku usapkan aja ke muka dan tangan. Ternyata woow, I feel more comfortable :3 Ya mungkin itu juga fungsinya kalau mau dipikirin secara psikologisnya, selain menjadikan kita bersih juga membuat kita tenang saat terbang yang mungkin bisa bikin kita lupa untuk mabuk udara.

Selesai sudah acara makan-tidur-makan-tidur Linda. Alhamdulillah flight safely :)
And finally guys! It's Europe :3 Di dinding kamar saya, saya tempel tulisan E R O P A. 
E R O P A dari jaman baheula
Saya tulis perhuruf dilembaran post-it. Dan itu saya tulis jauh sebelum saya akan pergi ke Swedia bahkan jauh sebelum pengumuman saya lolos untuk ikut lomba batik yang hadiahnya ke Eropa. Wuwuwu~ Alhamdulillah, ini semakin membuat saya percaya akan kekuatan tulisan yang juga termasuk doa dan keseriusan dari cita-cita kita. Jadi jangan takut untuk melakukan itu teman-temaaan.. Saya sudah buktikan, waktunya anda yang buktikan sekarang :3

Velkommen til Danmark! omomomo~
Sangat sangat cantiiiik sampe pingin nangis :'3
Berikut hasil jepretan-jepretan saya sesampainya di Copenhagen. Maaf ya kalau ada yang blur, saking excitednya :P 
oke enjoy..
Arrived at Copenhagen Airport, Kastrup ini pukul 6:25 pagi. Selisih waktu dengan Jakarta lebih cepat 5 jam (Jkt 11:25)

Københavns Lufthavn, Kastrup :3

taken in front of Starbucks - Københavns Lufthavn, Kastrup

See? Ada kawung juga di wall hanging di Copenhage

Hej! Its kawung guys :3

Duty free shopping venue at Københavns Lufthavn

Scandinavian arts. So cute!!
Menuju bus stop untuk menuju ke Älmhult, Sweden

Denmark

Swedia selatan dan Denmark dipisahkan oleh laut Baltic. Mirip dengan Jawa dan Bali gitu deh cuma ini laut

Menyebrang diatas Øresund Bridge yang menghubungkan antara Copenhagen (Denmark) dengan Malmö (Sweden). Jembatan ini panjangnya sekita 5km dan terdapat juga tunnel bawah laut.

Welcome to Sweden! It's Malmö guys. Kalau udah masuk hutan-hutan gini berarti udah di Swedia nih

See? Ada jerami yang digulung-gulung kaya di film kartun itu loh. Btw kemarin waktu kami datang di Swedia lebih banyak sapinya daripada orangnya loh :p

Ini yang bikin betah! Bentuk rumah-rumahnya lucu-lucu bangeet!!
Välkommen på IKEA Värdshuset (Selamat datang di IKEA Värdshuset)

Välkommen!

IKEA Hotell has very nice interiors. And of course its all IKEA product :p *trus ada talinya kamera, duh maap!

My room. Percaya atau tidak. Ruangan ini memang tampak sederhana tapi cara penataan ruangan dan pemilihan interiornya sangat tepat. Ruangan ini dapat menimbulkan rasa produktif dalam diri saya. Huhuhu betah :')

View from my window

Okay itu lah sekelumit perjalanan saya dari Jakarta-Singapore-Denmark-Swedia.. 
Nantikan lagi review kegiatan kami disana selama seminggu..


Thank you, Tack! :)


[*jika ingin sharing juga untuk menambahkan tips dan pengalaman anda ke bandara Changi atau pun Copenhagen ataupun informasi tentang Denmark dan Swedia saya sangat mempersilahkan untuk anda menulis di kolom komentar ya.. Cheers..]

7 comments: